| |

Excellent Life Skills Art & Craft

Excellent Life Skills

Dalam rangka menerapkan konsep pendidikan di abad 21 yaitu “mengoptimalkan potensi setiap anak”, SMP Kristen Petra 2 memberikan program-program non-akademis sebagai bagian dari program sekolah, untuk membangun dan mengembangkan potensi peserta didik secara komprehensip. Salah satu dari program pengembangan minat dan bakat siswa dikemas dalam kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler ini diselenggarakan dalam 2 bentuk, yakni program wajib diikuti oleh seluruh siswa yang dikenal dengan nama kegiatan ELS (Excellent Life Skill) dan program yang tidak wajib yang diselenggarakan sepulang sekolah.

Kegiatan ELS SMP Kristen Petra 2:

- Cooking Class
Kegiatan ini memperkenalkan cara penggunaan alat-alat memasak, pengetahuan bahan–bahan dasar atau utama, nutrisi dan gizi, teknik memasak yang higienis sampai menjadi produk bercita rasa tinggi, serta teknik penyajian makanan. Tujuan kegiatan ini melatih peserta didik untuk memasak dengan teknik memasak yang benar dan menciptakan hasil masakan yang sehat dan nikmat

cooking2.jpgcooking1.jpg

- Desain Grafis
Tingkat kreativitas dan imajinasi yang dimilki oleh setiap anak, khususnya dalam menuangkan imajinasinya dalam penerapan teknologi komputer dalam bentuk multimedia mendapatkan wadah pengembangan melalui Excellent life skill desain grafis. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah mengoptimalkan cara berpikir siswa dalam menuangkan ide, serta kreativitas yang diaktualisasikan dalam elemen multimedia. Siswa dapat menyalurkan hobi dalam dunia desain grafis maupun multimedia dengan menggunakan software-software yang ada. Bekal pengetahuan ini sangat berharga bagi siswa dalam mengenal dunia multimedia seiring dengan perkembangan jaman dan sangat berguna sebagai bekal dasar siswa untuk melanjutkan studi di jenjang yang lebih tinggi.

design2.jpgdesign1.jpg

- Robotik
Kegiatan ini mempelajari bagaimana siswa dapat menganalisa, mendesain, memprogram dan mengendalikan robot. Siswa akan mengeksplorasi kemampuannya, untuk mencari solusi dengan menggunakan cara mereka sendiri, sehingga robot rancangannya dapat menyelesaikan masalah atau tugas yang diberikan. Ilmu robotik ini terealisasikan dengan beberapa ilmu dasar seperti sains, matematika, mekanika, fisika, elektronika dan komputer. Kegiatan ini sangat diminati oleh siswa, karena ilmu yang dipelajari sangat akrab dengan kehidupan mereka sehari-hari, dengan belajar robotik siswa bukan hanya menggunakan robot saja, tetapi mereka mampu untuk membuatnya, misalnya robot sederhana dan robot mobile.

robotik2.jpgrobotik1.jpg

- Hip-Hop
Kegiatan ini mengajarkan dasar dari dance, locking (gerakan tangan dan kaki), serta popping (gerakan tangan dan kaki dalam bentuk patah-patah). Kegiatan ini membantu para siswa untuk bisa mengembangkan bakat dance dalam diri mereka, serta membantu para siswa untuk memiliki motorik skill yang baik, melatih otak (mengingat setiap koreografi, mendengar dan dapat mengikuti setiap beat dari musik). Kegiatan ini dapat membuat fisik menjadi sehat dan bugar.

dance2.jpgdance1.jpg

- Presenter
Kemampuan berbicara dan berkomunikasi dihadapan publik dengan perfomance yang menarik penuh percaya diri pada diri siswa perlu mendapat pelatihan secara khusus. Para siswa dibekali teknik-teknik yang baik, bagaimana cara memikat Audience, serta disajikan materi, tentang isu-isu terkini yang tentunya dikemas secara menarik. Studio radio sekolah yang ada di SMP Kristen Petra 2, merupakan tempat yang cocok sekali untuk menunjang kegiatan ini, selain itu para siswa diajak berkunjung ke studio Hard Rock FM, Gen FM dan Stasiun Televisi SBO untuk dapat belajar cara pembuatan program-program radio dan stasiun televisi, juga supaya dapat belajar cara berkomunikasi yang baik dalam dunia broadcasting. Dengan kunjungan tersebut, siswa mempunyai kreativitas-kreativitas yang baru untuk bekal penggembangan diri lebih lanjut.

praktek_presenter.jpgbriefing.jpgon_air_radio_sekolah.jpgkunjungan_sbo_tv.jpgkunjungan_gen_fm.jpg

- Fotografi
Photografi dengan memberikan pelatihan berupa teori, praktik, serta proses editing. Selain siswa dikenalkan dengan jenis kamera, jenis-jenis lensa dan perangkat kamera lainnya, siswa juga belajar proses pengaturan cahaya, kecepatan pembukaan lensa, pengaturan fokus, bagaimana angle pengambilan gambar, baik untuk obyek bergerak maupun obyek diam. Siswa diajak keluar ruangan untuk mencari obyek-obyek yang menarik, dan siswa dituntut untuk dapat menemukan cara pengambilan obyek/sasaran yang tepat, sehingga diperoleh gambar yang unik dan menarik

fotografi1.jpgfotografi2.jpg

- Art and Craft
Setiap benda atau barang yang ada di sekitar kita dapat dimanfaatkan secara optimal dan memiliki nilai lebih jika dikemas dalam bentuk yang menarik dengan keindahan seni yang dimiliki oleh benda tersebut. Untuk mengembangkan kreativitas ide kreatif yang dimiliki oleh para siswa, Art and Craf salah satu Excellent Life Skill yang dapat mewadahi potensi siswa untuk mengembangkan kreativitas dalam memanfaatkan barang, khususnya yang sudah tidak terpakai akan dikemas menjadi sebuah barang yang memiliki nilai seni tinggi dan memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari.

art2.jpgart1.jpg

smp_petra_2/els/2015/laporan_els/presenter

Kunjungan ke SBO TV

Rabu, 6 Mei 2015, peserta Excellent Life Skill presenter, tim pengisi acara Radio Sekolah, dan tim penyusun Majalah Sekolah, SMP Kristen Petra 2 melakukan kunjungan ke SBO TV sebagai rangkaian kegiatan pengembangan wawasan tentang dunia pertelevisian. Pada kunjungan kami kali ini bertepatan dengan rangkaian ulang tahun SBO TV. Kami menyerahkan kue ulang tahun kepada crew SBO TV yang ditandai dengan penyerahan kue tart dan tiup lilin yang dilakukan secara simbolis oleh perwakilan dari SBO TV. SBO TV merupakan saluran televisi yang telah berdiri 8 tahun yang lalu. Suroboyo TV atau mungkin lebih dikenal dengan SBO TV merupakan salah satu saluran televisi yang berada di bawah payung Jawa Pos Group. SBO TV adalah saluran televisi yang layak menjadi salah satu pilihan untuk ditonton karena tayangan-tayangannya lebih banyak menyorot keindahan Jawa Timur, khususnya kota kami tercinta, Surabaya. Liputan aktivitas di luar studio (outdoor) menjadi sasaran utama SBO TV misalnya liputan tentang kegiatan di sekolah, kantor, atau tempat-tempat publik lainnya sehingga profil kota Surabaya dan propinsi Jawa Timur lebih di kenal masyarakat luas.

Di studio 1, SBO TV kami mendapat penjelasan tentang sejarah SBO TV yang disampaikan oleh Kak Putri salah satu crew SBO TV. Beliau juga menyampaikan Visi dan misi SBO TV termasuk segmen penonton yang menjadi target marketing mereka. Kemudian kami lanjutkan berkunjung ke studio 2 ditempat ini kami dijelaskan dari proses peliputan sampai penayangan secara live. Kebetulan sekali kami mendapat kesempatan melihat secara langsung penayangan “Up-date berita”, dengan Kak Rio sebagai pembawa acaranya. Kami banyak belajar mulai dari tata cara pembawaan berita sampai pengoreksian jika ada kata yang salah.

Selama kunjungan di SBO TV, kami dibimbing oleh Kak Glen selaku Pembina Excellent Life Skill Presenter dan bapak/ibu guru pendamping. Kami yang mengikuti kegiatan ini tampak antusias dengan acara ini, momen ini menjadikan kami lebih bersemangat untuk belajar menjadi seorang presenter yang baik.

Waktu bergulir begitu cepat, saat kami menyaksikan dan belajar bagaimana seorang presenter memandu acara talkshow secara live, Bapak/Ibu guru pendamping memberi tahu kami bahwa waktu yang diberikan oleh pihak SBO TV sudah berakhir. Tepat pukul 13.30 kami berpamitan kepada crews dan pengelola SBO TV untuk undur diri dengan membawa banyak pelajaran baru dari dunia pertelevisian, khususnya SBO TV. Bravo SBO TV dan Bravo SMP Kristen Petra 2 Surabaya.

SBO 6.JPGSBO 4.JPGSBO 7.JPGSBO 3.JPGSBO.jpgSBO 5.JPGSBO 2.JPG

The Competition 9

Kompetisi tahunan bidang Matematika, Biologi dan Bahasa Inggris tingkat SMP se Jawa Timur kembali digelar oleh SMA Negeri 9 Surabaya pada tanggal 21-22 Februari 2015. SMP Kristen Petra 2 mengirimkan tim terbaik dengan masing-masing bidang 1 tim. Untuk bidang Biologi Felicia dari kelas 9.3 dan Alvin Gunawan kelas 9.1 mewakili SMP Kristen Petra 2 dalam mengikuti kompetesi ini.

Babak penyisihan dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2015. Untuk lomba Biologi kami diminta untuk mengerjakan 80 soal dengan penilaian menggunakan sistem poin. Jika jawaban benar memperoleh poin +4, Jika salah -1, jika kosong poinnya 0 dengan alokasi waktu 60 menit. Dari babak penyisihan ini dipilih 10 tim dari 100 tim yang mengikuti. Puji Tuhan kami masuk peringkat ke-6 dan berhak mengikuti babak semifinal.

Babak semifinal dan babak final dilaksanakan pada hari Minggu, 22 Februari 2015. Untuk kompetisi Biologi babak semifinal dilakukan dengan rally games, dimana setiap peserta harus mendatangi 8 pos, dan di setiap pos peserta harus menjawab 5 soal uraian singkat. Jika jawaban benar mendapat poin +10, jika jawaban salah mendapat poin -5, dan jika kosong mendapat poin-1 dengan alokasi waktu 120 menit. Berkat pertolongan Tuhan tim kami berhasil masuk ke babak final dan menempati peringkat ke-5. Pada babak final setiap finalis mengikuti babak cerdas cermat. Pada babak ini jika jawaban benar mendapat poin 100, jika jawaban salah-50 dari jumlah soal yang harus dijawab sejumlah 40 soal. Persaingan antar peserta pada babak final ini sangat sengit, karena semua berusaha untuk menjadi yang tercepat dan terbaik. Hasil babak final mengantar kami meraih juara harapan 2 kompetisi Biologi se Jawa Timur yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 9 Surabaya. Worrying doesn’t change anything, but Trusting in God changes everythings . All glory goes to God !

competition9.jpg

Kegiatan ELS Tahun Pelajaran 2013-2014

Dewasa ini yang dibutuhkan bukan hanya kemampuan akademis, tetapi juga dibutuhkan kecakapan/ketrampilan sehingga para siswa nantinya memiliki kecakapan dalam persaingan kerja yang dibutuhkan oleh masyarakat. Berangkat dari pemikiran itu PPPK Petra memberikan sebuah wadah bagi siswa untuk berkembang dan mengasah ketrampilan mereka melalui ELS. ELS diikuti oleh para siswa kelas VII dan VIII semester I dan II. Program ELS ini masuk dalam program intrakurikuler pada hari Rabu untuk Kelas VII jam ke 7 dan 8 serta hari Kamis untuk Kelas VIII jam ke 8 dan 9. Beberapa program ELS diantaranya :


Cooking Class

cook01.jpgcook02.jpg

Kegiatan Cooking class ini selain para siswa dibekali teori masak, juga  praktik langsung untuk  membuat siomay, pangsit udang mayonesse, tausi, rum ball, rice buble truffle dan lain-lain. Sedangkan untuk kelas VIII mereka membuat capjay seafood, udang Singapura, capjay Korea , fuyunghai, chicken strip, French chicken soup, stuffed prown dan lain-lain.

 

Art and Craft

art01.jpgart03.jpgart04.jpgart02.jpg

Kegiatan ini para siswa diajak untuk membuat pop up card, glass painting, Quilling paper, sedangkan untuk kelas VIII mereka membuat kreasi topeng, origami, paper art dari gulungan tissue, dan lain-lain.

 

Robotic

robotic01.jpgrobotic02.jpg

Untuk kegiatan robotic para siswa diajak untuk mengenal NXT programming, lego design, sedangkan untuk kelas VIII mereka belajar untuk pengenalan Lego Next Mindston, NXT Bridge, Ultrasonic sensor, Sound and Coop Tools, Touch Sensor Tool dan lain-lain.

 

Design Grafis

design01.jpgdesign02.jpg

Untuk kegiatan ini para siswa belajar potoshop, poster film, membuat efek 3D, membuat flier, membuat design packing dan lain-lain.

 

Hip-hop

hip_hop01.jpghip_hop02.jpg

ELS hip hop ini para siswa belajar teknik bounce, kick back step, koreo, neger step dan lain-lain.

 

Vocal

vocal02.jpgvocal01.jpg

Untuk kegiatan ini para siswa  belajar voice placement, juga belajar postur dan pernapasan, vocal, consonant, interval,  serta berbagai materi lagu.

 

Fotografi

fotografi01.jpgfotografi02.jpg

Untuk kegiatan ini para siswa belajar tentang jenis-jenis kamera, kecepatan diafragma, frezzing and silhoute, black and white foto drawing, sedangkan untuk kelas VIII mereka belajar selection tool, clone stamp quiz, water mark dan lain-lain. Mereka praktik langsung baik di in door maupun out door.

boost the values reap the success