| |

BERBAGI

Semua orang yang terlahir di dunia, tidak dapat memilih mau dilahirkan di keluarga seperti apa atau dengan bentuk tubuh sperti apa karena kita semua tahu bahwa ada Tuhan yang menciptakan kita seperti bentuk dan rupa ALLAH. Walaupun pada kenyataannya masih banyak di luar sana mereka yang hidup serba kekurangan, pada dasarnya Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan dan kelemahan mereka masing – masing, termasuk kita.

berbagi_02.jpgberbagi_03.jpgberbagi_01.jpg

Di sekolah kami SMP Kristen Petra 2 belajar untuk saling berbagi kepada sesama dalam Pendidikan Karakter Kristiani pada hari Kamis, 9 Februari 2017. Kami menerapkan materi berbagi melalui kegiatan “take and give”. Kami dibentuk menjadi beberapa kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 5-6 siswa. Setiap kelompok mendapatkan 1 buah amplop berisi potongan – potongan puzzle yang acak/belum selesai. Tugas kami adalah saling bertukar potongan puzzle dengan kelompok lain. prinsip permainananya sama dengan permainan 41 pada kartu remi. Aturan permainannya tidak boleh ada komunikasi antar kelompok.

 Give The Best for Others

gbtfot_01.JPGgbtfot_03.JPGgbtfot_04.JPGgbtfot_02.JPG

Give The Best for Others adalah tema proyek Pendidikan Karakter Kristiani yang dilaksanakan di SMP Kristen Petra 2 pada tanggal 13 Juni 2015. Proyek PKK dilaksanakan di sekolah kami dengan nuansa yang berbeda, karena pada kegiatan proyek kali ini  diselenggarakan dalam bentuk open house  yang menampilkan seluruh kegiatan ELS yang ada di SMP Kristen Petra 2, yaitu Desain Grafis, Photografi, Robotik, Art and Craft, Cooking dan Hip-Hop. Unjuk karya masing-masing kegiatan ELS ditampilkan di sepanjang lorong lantai 2 dan lantai 3 yang dipandu langsung oleh teman-teman yang mengikuti kegiatan ELS tersebut. Stand ELS kelas VII berada di lantai 2, sedangkan stand ELS kelas VIII

Pelayanan Pujian Di Gereja Kristen Abdiel Trinitas

Salah satu bentuk tanggung jawab dan keterlibatan kami sebagai remaja Kristen adalah melibatkan diri dalam pelayanan, sesuai dengan talenta yang sudah diberikan Tuhan kepada kami. Salah satu bentuk pelayanan kami adalah memuji nama Tuhan, melalui kegiatan Paduan Suara yang kami peroleh dari kegiatan ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Kristen Petra 2. Untuk mempraktikkan teori yang sudah kami peroleh dalam lingkup yang lebih luas, maka kami terlibat melayani Tuhan melalui paduan suara di Gereja. Pada hari Minggu, 14 Juni 2015 kami tim Paduan Suara SMP Kristen Petra 2 mengadakan pelayanan pujian di Gereja Kristen Abdiel Trinitas, jalan Kayoon 32 Surabaya. Kami mengikuti ibadah pukul 09.00 dengan didampingi oleh bapak/ibu guru. Pada pelayanan pujian ini kami mempersembahkan dua buah lagu yaitu Bersyukur selalu dan Sungguh Hatiku Bahagia. Puji Tuhan kami dapat belajar melayani Tuhan dengan talenta yang sudah diberikan Tuhan kepada kami, sesuai dengan tema yang kami ikuti pada ibadah ini adalah melayani sesama yang disampaikan oleh hamba Tuhan.

Oleh : Enrica kelas VIII-2

pelayanan_pujian_2.jpgpelayanan_pujian_1.jpg

Build Your Dreams

Pada hari Sabtu tanggal 11 Juni 2016 bertempat di aula SMP Kristen Petra 2, diselenggarakan acara pelepasan bagi kami siswa kelas IX. Acara dimulai pada pukul 09.00 dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Yosafat Kristono. Dalam khotbahnya, beliau berpesan agar para siswa membangun mimpinya karena segala sesuatu yang besar, yang spektakuler, yang kelihatan mustahil selalu diawali dari sebuah impian. Beliau memberi contoh dahulu pada zaman perbudakan di Amerika, Martin Luther King (penentang perbudakan) mempunyai impian bahwa suatu hari nanti keturunan budak-budak dan keturunan kulit putih akan hidup berdampingan dan mempunyai hak yang sama sebagai warga negara, sekarang impian itu sudah terwujud, Amerika dipimpin oleh Presiden Obama yang adalah keturunan negro. Memang akan ada banyak tantangan yang dihadapi siswa tetapi anak-anak Tuhan tidak boleh menyerah dan hilang semangat untuk meraih mimpi. Beliau berpesan bangunlah mimpi untuk masa depanmu dan jangan melupakan Tuhan dalam setiap perencanaan kita. Karena sesungguhnya keberhasilan yang kita raih adalah karena anugerah Tuhan.
Acara berikutnya adalah sambutan dari Bapak Anang Sundoro selaku ketua panitia pelepasan, penampilan lagu “This is the Moment” oleh Christofer Tanone, sambutan ketua OSIS Joshua Felix, sambutan wakil orang tua siswa kelas IX yang dilakukan oleh Bapak Rusdy Kamaluddin orang tua Michael Angelo. Selanjutnya Bapak Edy Purnomo membacakan surat keputusan kelulusan, yang disambut dengan tepuk tangan yang meriah karena kami siswa SMP Kristen Petra 2 lulus 100%. Acara dilanjutkan dengan penyerahan dokumen kelulusan secara simbolik oleh Ibu Kepala Sekolah kepada lima orang siswa yang mewakili setiap kelas. Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan trophi dan piagam siswa teladan kelas VII, VIII, IX, siswa berprestasi akademik dan non akademik, dengan lulusan terbaik pertama Michael Angelo kelas IX-4, lulusan terbaik kedua Mikhael Jonathan IX-1, dan lulusan terbaik ketiga Cathrine Analicia kelas IX-3, sambutan wakil dari kelas IX dilakukan oleh Philip Wiliam dan Joshepin, dilanjutkan dengan penyerahan hand bucket kepada Ibu Kepala Sekolah Dra. Theresia Ambar Sisworini, M.M sebagai ungkapan terima kasih dari siswa kelas IX kepada sekolah, yang diiringi dengan lagu Guruku Tersayang. Sambutan Ibu Kepala Sekolah berisi nasihat yang harus diingat para siswa, yakni untuk selalu tetap menjaga nama baik, tidak hanya nama baik diri sendiri, tetapi juga nama baik sekolah sebagai almamater, Beliau juga berpesan agar para siswa selalu berani membangun mimpinya dan berjuang pantang menyerah untuk mewujudkan impiannya.
Acara pelepasan Kelas IX dimeriahkan penampilan band dan solo vokal, kemudian acara ditutup dengan prosesi pelepasan balon bertempat di lapangan bawah. Balon yang terbang tinggi itu disertakan kertas kecil yang bertulisan semua impian kami, diibaratkan mimpi dan cita-cita kami yang melambung tinggi yang menjadi berkat bagi sesama kami. Acara Pelepasan ini diakhiri dengan doa penutup dan ramah tamah, serta pembagian rapor dan diakhiri dengan berdoa bersama di masing-masing kelas.

dreams_1.jpg

Kelebihanku Untuk Indonesia

Setiap orang pasti mempunyai kelebihan sekaligus kekurangan dalam dirinya. Tidak ada seorangpun yang hanya memiliki kekurangan saja atau kelebihan saja, pasti ada juga kelebihan sekaligus kekurangan di dalam dirinya. Tetapi yang menjadi masalah adalah bagaimana orang tersebut dapat menggunakan kelebihan yang dimilikinya untuk keluarga, masyarakat bahkan bagi nusa dan bangsa Indonesia yang tercinta. Kebanyakan orang tidak menyadari kelebihan yang dimiliki yang dapat disumbangkan bagi negara ini, untuk itulah kita harus belajar dan menggali potensi yang ada dalam diri kita supaya dapat diasah dan dikembangkan.

Pada tanggal 13 Februari 2016, kami siswa-siswi SMP Kristen Petra 2 mengikuti kegiatan Pendidikan Karakter dengan tema : “Kelebihanku untuk Indonesia”. Banyak pelajaran, pengetahuan dan manfaat yang kami peroleh pada kegiatan kelas itu, kami belajar untuk menjadi anak yang tangguh dan pantang menyerah dalam mengembangkan kemampuan dan bakat kami sebagai seorang pelajar. Kami menyaksikan kisah perjalanan hidup Bapak Jokowi. Kisahnya bermula dari kehidupan Jokowi yang sewaktu kecil masih hidup miskin. Ayah Jokowi seorang tukang kayu tapi usahanya tidak begitu menghasilkan. Jokowi adalah anak sulung dari tiga bersaudara. Jokowi termasuk anak yang pandai dan rajin, ayahnya selalu mendukung dan menasehati Jokowi agar menjadi anak yang rajin, pantang menyerah, dan tetap semangat. Beliau berharap Jokowi bisa bekerja keras untuk mencapai cita-citanya. Jokowi sama seperti halnya anak-anak pada umumnya yang pernah merasakan kecewa karena tidak bisa masuk ke SMA favorit karena faktor biaya. Tapi orang tuanya memberikan semangat dengan memberikan suatu perumpamaan cerita yaitu baju yang jelek jika dipakai oleh orang yang paras wajahnya bagus, jadi kelihatan bagus. Tapi sebaliknya bila baju yang bagus sekalipun, bila yang mengenakan paras wajahnya jelek, tetap saja kelihatan jelek. Jadi meskipun bukan sekolah yang favorit asal Jokowi tetap rajin dan giat pasti bisa menjadi yang terbaik.

Untuk kegiatan kelas siswa dibagi dalam kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6 orang. Masing-masing kelompok diminta untuk membuat poster “Mari Berkontribusi untuk Indonesia”. kami mendapat tugas untuk membuat biografi tokoh yang memberikan kontribusi untuk Indonesia. Kelompok saya membuat biografi tokoh B.J. Habibie, Susi Susanti, Nidji, Prof. Nelson Tansu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan Bapak Ahok. Kegiatan dilanjutkan dengan acara tebak gambar. Pada kegiatan kelas, Bapak/Ibu guru memberikan pertanyaan kepada siswa dalam satu kelompok. Setiap kelompok membawa bendera dan ketika hendak menjawab pertanyaan harus mengibarkan bendera terlebih dahulu, baru kemudian menjawab pertanyaan yang diajukan. Jika jawabannya benar baru boleh melanjutkan ke tebak gambar. Untuk kegiatan tebak gambar ini di kelas kami dimenangkan oleh kelompok 2.

Mengikuti kegiatan pendidikan karakter dengan tema “Kelebihanku untuk Indonesia” adalah sangat menyenangkan dan menambah wawasan kami. Kami menjadi lebih terdorong dan terpacu untuk menjadi anak yang lebih giat, rajin dan berusaha keras untuk mencapai cita-cita kami, sehingga kami dapat menjadi anak yang membanggakan orang tua, bangsa dan negara. Semua ini harus dimulai dari diri sendiri sehingga apapun rintangannya dapat kami lewati asal kami bersungguh-sungguh dalam melakukannya.

Dengan kegiatan pendidikan karakter ini, kami memperoleh pengetahuan tentang bagaimana usaha para tokoh dalam memberikan kontribusinya bagi negara kita yang tercinta. Jadi kami pun dapat menggunakan kelebihan kami bagi nusa dan bangsa ini seperti apa yang telah dilakukan oleh para tokoh yang telah memberikan kontribusinya bagi bangsa Indonesia. Tentunya dengan dukungan serta bimbingan dari bapak dan ibu guru kami bisa lebih mudah memahami apa yang harus kami lakukan dalam mengembangkan potensi yang kami miliki agar dapat menjadi lebih berguna bagi semua.

 

image003.jpgimage001.jpgimage002.jpg

boost the values reap the success