| |

Bersikap Adil

Bersikap adil merupakan tema kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani pada hari Sabtu, 8 Agustus 2015. Pada awal kegiatan, kami mendengarkan penjelasan dari bapak/ibu yang bertugas sebagai implementer. Ketidakadilan adalah suatu tindakan yang sering kami temui dalam kegiatan sehari-hari. Secara tidak sadar, terkadang kami merasa adil, tetapi sebenarnya tidak, karena kami hanya memikirkan apa yang kami inginkan. Mengambil contoh dari kasus ibu Prita yang terjadi beberapa tahun silam, dia dituntut oleh satu rumah sakit kenamaan di bilangan Jakarta pusat, karena dianggap telah mencemarkan nama baik rumah sakit melalui e-mail ‘curhatan’ yang ia kirim kepada teman-temannya tentang dirinya yang sangat kecewa terhadap pelayanan rumah sakit yang didapatnya. Tidak hanya itu saja masih ada beberapa contoh sikap ketidakadilan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh perlakuan ketidakadilan dalam film Cinderella. Film ini bercerita tentang seorang gadis cantik bernama Ella yang ditinggal ibunya meninggal karena sakit saat dia kecil. Beberapa tahun kemudian, ketika dia sudah beranjak dewasa, ayahnya memutuskan untuk menikahi seorang janda kehormatan yang memiliki dua anak perempuan centil. Malangnya, sang ayah meninggal karena sakit ketika dalam perjalanan kerjanya, sedangkan Ella mendapatkan perilaku tidak adil dari ibu dan 2 saudara tirinya. Sampai akhirnya ibu peri datang dan secara perlahan, Ella mendapatkan keadilan yang seharusnya ia miliki.

Pada kegiatan kelas kami juga bermain game, pada game ini membutuhkan penutup mata sebagai media permainan. Satu kelas dibagi menjadi 2 kelompok, 1 kelompok perempuan dan 1 kelompok laki-laki. Peraturan dalam game ini, setiap kelompok diwakili oleh satu orang anggota yang sudah ditutup matanya untuk menggambar hal yang diminta oleh guru di papan tulis. Tetapi di tengah-tengah game, peraturan diubah menjadi ‘kelompok perempuan dibolehkan untuk tidak menutup matanya saat menggambar’ hal ini sempat membuat seisi kelas riuh, beberapa murid juga berseru ‘Itu tidak adil!’

Dari peristiwa ini Bpk/Ibu implementer menjelaskan bahwa dalam kehidupan ada keadilan dan ketidakadilan. Protes siswa dalam kegiatan kelas ini adalah salah satu bentuk menyuarakan dan memperjuangkan keadilan, masih banyak kami temui beberapa kejadian atau peristiwa yang menyangkut ketidakadailan, tetapi melalui kegiatan kelas ini kami dapat belajar memahami dengan benar arti keadilan dalam berbagai aspek kehidupan

Untuk memantapkan pemahaman kami bagaimana kami dapat bersikap adil, Sabtu 22 Agustus 2015 dilaksanakan kegiatan persekutuan doa dengan pembicara Pdt.Yetty Anggraeni, S.Th. di aula SMP Kristen Petra 2 yang dibagi menjadi dua sesi. Setiap siswa mengikuti kegiatan persekutuan doa dan kegiatan kelas berupa perjamuan kasih, pada kegiatan kelas ini setiap siswa menerima gulungan kertas yang berisi dua lembar kertas yang masing-masing tertulis nomor absen yang berbeda, tetapi ada juga siswa yang menerima gulungan kertas namun kosong, tidak bertuliskan nomor absen. Ada siswa yang mendapat gulungan kertas berisi 2 nomor absen berarti mereka mendapat kado 2 roti, tetapi mereka yang mendapat kertas kosong, mereka tidak mendapat roti. Tentu hal ini akan menimbulkan reaksi dari masing-masing siswa, baik yang menerima 2 roti maupun yang tidak menerima roti, selanjutnya bapak/ibu guru memberikan kesempatan mereka untuk menyampaikan perasaan mereka, baik yang menerima 2 roti maupun yang tidak menerima roti. Kemudian bapak/ibu implementer mempersilahkan bagi siswa yang menerima 2 roti untuk berbagi dengan siswa yang tidak menerima roti. Kegiatan ini mengajarkan kepada kami untuk dapat bersikap adil kepada sesama kami dan memperlakukan yang sama secara sama, yang berbeda secara berbeda dalam proporsi yang sesuai dengan perbedaan-perbedaan yang relevan.

Kami telah belajar untuk berani menyuarakan keadilan, perlu kami ingat, keadilan seperti tiang yang harus berdiri kokoh. Jangan sampai kami tidak menegakkan keadilan. God Bless You All!!

bersikap-adil-1.jpgbersikap-adil-3.jpgbersikap-adil-2.jpg

boost the values reap the success