| |

Bersikap Terbuka

Bersikap terbuka adalah bagian penting dari keadilan karena dengan bersikap terbuka, pengakuan, penghargaan dan perlakuan adil dapat dilakukan. Bersikap terbuka dapat dipahami sebuah kesediaan diri untuk menerima dan mengakui adanya pengalaman, ide-ide dan relasi baru. Hal ini berarti bahwa kita bersedia melangkah ke luar dari ide-ide, pengalaman dan relasi yang sudah familier dalam diri kita. Melalui sikap terbuka ini kita akan dapat melihat dunia dengan cakrawala berfikir lebih luas. Misalnya, dengan bersikap terbuka kami dapat mengerti bahwa di luar diri kami masih ada orang yang lebih pandai, cerdas, kaya dan lain-lain. Atau sebaliknya, ternyata di luar pemikiran kami masih ada fakta kehidupan yang memprihatinkan dan perlu keterlibatan serta pertolongan kami. Bersikap terbuka dapat membawa kami kepada pengertian bahwa ternyata kehidupan itu lebih besar dari yang kami bayangkan, ada kebahagiaan dan ada kesedihan, ada tangis ada tawa, dan kadang juga ada kejadian yang tidak kami harapkan terjadi pada diri kami. Bersikap terbuka diwujudkan dalam dua tindakan. Pertama: terbuka ke luar, adalah sebuah kesediaan diri untuk mau mendiskripsikan apa yang ada pada diri kami (ide, pandangan, perasaan, harapan, permintaan) melalui berbagai media misalnya sharing, diary, cerita pendek, puisi, dan lain-lain. Kedua: terbuka ke dalam, adalah kesediaan diri untuk mengakui, mendengarkan dan menerima adanya ide, pandangan, perasaan, keinginan dari luar diri. Melalui sikap terbuka komuniksi dapat dilakukan, konflik dapat di reduksi dan keadilan dapat dijalankan. Bersikap terbuka memang memberi dampak baik dan membangun, tetapi bila tidak dilakukan dengan hati-hati akan menimbulkan kerugian untuk diri sendiri dan orang lain, misalnya akan muncul sikap permisif dan anti nomian. Hal tersebut tampak dalam tindakan seperti berpendapat sembarangan tanpa peduli akan menyakiti orang lain, mengungkapkan isi hati tanpa melihat situasi, dan lain-lain.

Dalam kegiatan kali ini kami diajak untuk belajar tentang bersikap terbuka dalam kehidupan, walaupun bersikap terbuka bukanlah hal yang mudah, tetapi hal ini akan menjadi tantangan kami untuk belajar bersikap terbuka dan menjadi pribadi yang lebih baik. Pada kegiatan ini kami melihat Film berjudul “Mrs. Doubtfire”. Film itu menceritakan tentang kehidupan rumah tangga yang tidak mau bersikap terbuka satu sama lain sehingga berujung pada perceraian dan dampaknya adalah perkembangan sikap dan karakter anak- anak mereka yang tidak sehat. Sang ayah yang sangat menyayangi anak–anaknya, mengambil inisiatif agar bisa dekat dengan mereka dengan menyamar sebagai pembantu rumah tangga bernama Mrs. Doubtfire, dan akhirnya usaha ayahnya itu pun tidak sia-sia setelah dia mendengar pengakuan dari istrinya maka mereka bisa saling memahami dan merekapun hidup bahagia.

Pada sesi kedua kami melakukan kegiatan kelas yaitu “open ears, open your heart”. Cara bermainnya kami membentuk beberapa kelompok, satu kelompok diisi oleh 4–5 anak, dalam kelompok tersebut setiap anak diberi kesempatan untuk mengekspresikan dirinya dengan bercerita tentang kelebihan dan kekurangannya, selain itu masing-masing anak juga dilatih untuk menerima kritikan atau pendapat dari orang lain dari teman-teman anggota kelompoknya, ternyata permainan itu sangat mengasyikkan karena kami bisa mendengar pendapat orang lain, menyampaikan isi hati kami dan juga melatih emosi. Hebatnya di kelas IX-2 tidak ada yang ribut atau berdebat karena tidak terima dan lain-lain, malah ada yang sampai tertawa–tawa. Benar–benar menyenangkan, banyak sekali senyum yang terukir di wajah kami, juga tidak ada kesunyian semua bergembira dan bermain bersama. Setelah permainan usai masing–masing kami menulis buku “mirror of mine” tentang kegiatan hari ini mulai dari diskusi kelompok, personal reflection, dan komitmen . Hari yang menyenangkan di kelas IX-2, saat kami pulang pun senyum masih ada di wajah kami dan membuat setiap orang yang melihat kami ikut tersenyum. Benar–benar hari yang menyenangkan dan banyak pelajaran yang kami peroleh dan yang lebih utama kami Keluarga IX-2 selalu ceria dan semangat.

4.jpg1.jpg3.jpg2.jpg

boost the values reap the success