| |

 Give The Best for Others

gbtfot_01.JPGgbtfot_03.JPGgbtfot_04.JPGgbtfot_02.JPG

Give The Best for Others adalah tema proyek Pendidikan Karakter Kristiani yang dilaksanakan di SMP Kristen Petra 2 pada tanggal 13 Juni 2015. Proyek PKK dilaksanakan di sekolah kami dengan nuansa yang berbeda, karena pada kegiatan proyek kali ini  diselenggarakan dalam bentuk open house  yang menampilkan seluruh kegiatan ELS yang ada di SMP Kristen Petra 2, yaitu Desain Grafis, Photografi, Robotik, Art and Craft, Cooking dan Hip-Hop. Unjuk karya masing-masing kegiatan ELS ditampilkan di sepanjang lorong lantai 2 dan lantai 3 yang dipandu langsung oleh teman-teman yang mengikuti kegiatan ELS tersebut. Stand ELS kelas VII berada di lantai 2, sedangkan stand ELS kelas VIII

berada di lantai 3. Tiap stand memiliki keunikan tersendiri, baik di stand kelas VII maupun stand kelas VIII, maka tidak heran kami tertarik untuk mengunjungi stand yang berbeda-beda. Setiap siswa mendapat kartu kunjungan stand, jika kami berkunjung ke satu stand, maka kami berhak mendapat tanda tangan dari bapak/ibu guru pendamping di stand tersebut. Agar kegiatan teratur kunjungan dibagi berdasarkan waktu, pada pukul 07.10 sampai pukul 07.50. Kelas VII mengunjungi stand di lantai 2 yang menampilkan kegiatan ELS kelas VII, demikian juga kelas VIII mengunjungi stand di lantai 3 yang menampilkan kegiatan ELS kelas VIII. Pada Pukul 07.50 – 08.30  siswa kelas VII menunjungi stand ELS kelas VIII, demikian juga siswa kelas VIII mengunjungi stand siswa kelas VII. Dari tiap lantai ada dua orang reporter yang memandu dan memberikan penjelasan tentang keunggulan masing-masing stand, reporter ini adalah para siswa peserta ELS Presenter. Mereka tidak hanya memandu acara, tetapi juga mewawancarai pengunjung dan siswa yang menampilkan karya di stand tersebut. Pada open house kali ini peserta bukan hanya pasif melihat saja, tetapi peserta dapat terlibat untuk mencoba bagaimana berkarya lewat ELS, misalnya di stand robotik, pengunjung dapat langsung ikut terlibat merakit robotik, demikian juga Art and Craft, photografi, desain grafis dan yang tak kalah ramainya adalah stand cooking class, setiap siswa tidak melewatkan stand ini, karena di stand ini pengunjung dapat langsung terlibat membuat kue sesuai dengan selera yang diinginkannya, setelah matang pengunjung dapat langsung menikmatinya. Menarik bukan? Untuk stand cooking class kelas VII menampilkan kue Bolu kukus dan stand kelas VIII menampilkan kue brownies dengan berbagai model.

Waktu yang disediakan cukup membuat kami puas dan bangga melihat hasil karya yang ditampilkan, terutama juga kami sangat bangga dengan presenter-presenter handal SMP Kristen Petra 2 yang memandu acara ini. Pukul 08.30 setiap siswa berkumpul di aula untuk mengikuti penampilan kegiatan ELS Hip-Hop yang disinergikan dengan ekstra kurikuler Band dan Paduan Suara. Tiket masuk kami ke aula adalah kartu kunjungan dari semua stand dan sudah ditandatangani oleh guru pendamping. Di aula kami menyaksikan penampilan Hip-Hop, Paduan suara dan Band. Tidak kalah menariknya penampilan dari siswa peserta Hip-Hop, mereka berkolaborasi bagus dan kami pun sangat menikmatinya. Penampilan Hip-Hop, Paduan suara dan Band berakhir pada pukul 09.20. Setelah kami melihat stand ELS dan penampilan kegiatan ELS, saatnya kami menerima berkat Tuhan berupa makanan jasmani. Kebersamaan kami terbangun kembali saat menikmati  makanan yang sudah disiapkan oleh ibu-ibu guru berupa nasi, urap-urap, peyek, tempe dan tahu goreng. Makanan ini jarang kami nikmati dalam keseharian, kami sebagai remaja sajian makanan dari sekolah ini sebagai ajakan bagi kami untuk gemar makan sayur. Mulanya memang kami enggan mengambilnya, tapi ternyata setelah kami cicipi sangat enak. Tak jarang kami melihat beberapa siswa minta tambah nasi serta lauk pauk yang disediakan.

Sungguh, kegiatan Open House ini banyak memberi makna bagi kami, yaitu tentang pengembangan diri melalui kreativitas, tentang kebersamaan, juga tentang disiplin dan kerja keras. Bravo P2!

 

boost the values reap the success