| |

BERBAGI

Semua orang yang terlahir di dunia, tidak dapat memilih mau dilahirkan di keluarga seperti apa atau dengan bentuk tubuh sperti apa karena kita semua tahu bahwa ada Tuhan yang menciptakan kita seperti bentuk dan rupa ALLAH. Walaupun pada kenyataannya masih banyak di luar sana mereka yang hidup serba kekurangan, pada dasarnya Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan dan kelemahan mereka masing – masing, termasuk kita.

berbagi_02.jpgberbagi_03.jpgberbagi_01.jpg

Di sekolah kami SMP Kristen Petra 2 belajar untuk saling berbagi kepada sesama dalam Pendidikan Karakter Kristiani pada hari Kamis, 9 Februari 2017. Kami menerapkan materi berbagi melalui kegiatan “take and give”. Kami dibentuk menjadi beberapa kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 5-6 siswa. Setiap kelompok mendapatkan 1 buah amplop berisi potongan – potongan puzzle yang acak/belum selesai. Tugas kami adalah saling bertukar potongan puzzle dengan kelompok lain. prinsip permainananya sama dengan permainan 41 pada kartu remi. Aturan permainannya tidak boleh ada komunikasi antar kelompok.

Pada saat berunding dalam kelompok kami berdiskusi bahkan terjadi konflik didalam kelompok mengenai potongan puzzle yang akan diberikan kepada kelompok lain. Ada juga kelompok yang sengaja menahan puzzle supaya kelompok lain tidak menang lebih dahulu.Kami belajar bahwa perasaan atau konflik semacam itu sering terjadi saat kita mau berbagi dengan orang lain, kita tidak rela orang lain menjadi lebih diuntungkan.

Kamis, 16 Februari 2017 kami kembali menerapkan materi PKK “Berbagi” melalui proyek “From Me To My Friend”. Setiap kelompok menentukan 1 target yang nantinya akan menerima pemberian kelompok. Tidak hanya karyawan yang ada di sekolah, tetapi juga bisa salah satu pembantu/tukang becak yang dikenal oleh salah satu anggota kelompok. Kemudian kelompok membuat daftar kebutuhan orang tersebut misalnya pakaian, sembako, alat tulis, dsb. Pada jadwal yang sudah disepakati bersama, kelompok memberikan pemberian yang diperlukan oleh orang tersebut.

Pelajaran yang dapat kami ambil dari dua kegiatan tersebut adalah kita diciptakan tidak sempurna sehingga kita tidak dapat melakukan semuanya sendirian. Untuk itu kita perlu saling memperlengkapi satu sama lain. Berbagi tidak perlu mendatangi semua tempat orang yang kesusahan, tetapi berbagi dapat kita lakukan kepada orang – orang terdekat di sekeliling kita.  Marilah berbagi dengan ketulusan untuk tujuan yang baik.

Oleh: Felicia Cheryle Limena  83/9

 

boost the values reap the success