| |

Berkolaborasi untuk satu tujuan

LOS1

Memasuki Tahun Ajaran 2019/2020 bagi siswa kelas VII adalah merupakan hal baru, bukan hanya permasalahan lingkungan belajar yang baru, namun juga keadaan sosial, dan juga kurikulum baru yang akan mereka hadapi, sehingga butuh sarana untuk memfasilitasi mereka untuk beradaptasi. Sebagai sarana dan bimbingan agar para siswa dapat segera beradaptasi, perlu diberikan sebuah kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. Karena itu pada tanggal 15 - 17 Juli 2019,  SMP Kristen Petra 2 menyelenggarakan Layanan Orientasisi Siswa. Melalui kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini, para siswa kelas VII akan belajar tentang sarana dan prasarana sekolah, cara belajar yang efektif, penanaman konsep diri dan pembinaan awal kultur sekolah, yang berlangsung selama tiga hari pada setiap awal tahun pelajaran yang dilakukan secara terkoordinir dengan tujuan membantu siswa melakukan orientasi dan beradaptasi terhadap lingkungan sekolah yang baru.

LOS3

Tema untuk Layanan Orientasi Siswa (LOS) Tahun Ajaran 2019/2020 ini adalah “Pelajar Surabaya Berkarakter dan  Berprestasi ”. Layanan Orientasi Siswa diisi  dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut : Pengenalan Budaya Surabaya dan Jawa Timur, Kegiatan praktis Sekolah Sebagai Lingkungan Pendidikan, Cara Belajar Yang Efektif  dan Manajemen waktu, Kegiatan Praktis Penjelasan dan Pengenalan Perpustakaan, Move On,  Baris berbaris, Green School, Dinamika Kelompok, Pengenalan Pendidikan Karakter Kristiani dan mengenal konsep diri  remaja. Penjelasan Umum tentang Kurikulum, Penjelasan Umum tentang tata tertib, Apresiasi Seni.

LOS4

Salah satu kegiatan yang seru diikuti oleh siswa adalah Dinamika Kelompok, pada kegiatan Dinamika kelompok ini, para siswa diberikan beberapa permaian  yang kegiatannya adalah belajar berkolaborasi dengan semua anggota kelompoknya untuk bisa mencapai satu tujuan. Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok harus menyelesaikan permainan di setiap POS yang sudah ditentukan. Pada salah satu POS, siswa diminta memindahkan bola menggunakan  potongan  pipa paralon yang diikat dengan tali.  Kemudian memindahkan bola dengan menggunakan gelas air mineral kosong yang diikat di kepalanya siswa. Permainan-permainan ini membutuhkan kolaborasi yang baik dari semua anggota kelompok. Kegiatan LOS yang  sangat menyenangkan bagi siswa kelas VII.

LOS5

boost the values reap the success